Follow me on Twitter RSS FEED

Menteri Pemberdayaan Perempuan Imbau Masyarakat Hemat Air

Posted in
TEMPO Interaktif, Jakarta - Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Linda Amalia Sari Gumelar mengimbau masyarakat untuk melakukan penghematan, pelestarian, dan pendauranulang penggunaan air. "Kita sering lupa bahwa air yang kita pakai terus-menerus akan habis karena siklusnya yang pendek," kata dia dalam Loka Karya Penghematan Air yang Efektif, Efisien, dan Responsif Gender di kantornya, hari ini.

Menurut Linda, Indonesia adalah negara yang kaya sumber daya airnya. Ironisnya, sejak 2000 terjadi defisit air di beberapa pulau di Indonesia. Ia mencontohkan defisit air di Pulau Jawa yang mencapai 52.809 milimeter kubik, dan Sulawesi 9.232 milimeter kubik. Padahal sebelumnya Indonesia pernah berada pada urutan ke-5 negara yang kaya akan air dan memiliki 2.779 milimeter rata-rata curah hujan per tahun.

Kondisi tersebut, menurut Linda, disebabkan karena kurangnya pengetahuan masyarakat. "Juga kurangnya akses untuk mendapatkan informasi, rendahnya partisipasi dan kontrol dalam pengelolaan lingkungan," kata Linda. Akibatnya, masyarakat terutama kaum perempuan kurang mendapat manfaat dari sumber daya alam dan lingkungan.


Sumber: http://www.tempointeraktif.com/hg/kesra/2010/05/26/brk,20100526-250529,id.html

0 comments:

Post a Comment